Membaca al Qur’an yang Baik Untuk Kesehatan.

28 Jan 2020
source: kiblat.net

Membaca Quran dapat diperdagangkan, karena faktor tersebut menjadikan orang-orang yang mendengarkannya lebih fokus dan rileks, lebih dari mereka yang telah membaca buku. Fakta-fakta ilmiah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

 

  1. Membaca kecemasan dan meredakan stress. 

Acara yang dikerjakan di Malang, biasanya adalah acara untuk meringankan keterangan jiwa, seorang yang biasanya membaca Qur’an menjadi lebih rileks seperti membaca buku biasa.

  1. Membuat tekanan tubuh dan denyut jantung normal

Orang yang mendengarkan lantunan Qur’an akan mendapatkan reaksi relaksasi. Hal ini nantinya akan berfungsi sebagai penstabil tekanan darah dan denyut jantung. 

  1. Mempertajam daya ingat dan konsentrasi

Orang yang rajin membaca Qur’an, akan memiliki daya ingat yang lebih baik, daripada mereka yang tidak. Selain itu, membaca Qur’an juga membuat otak dan pikiran lebih fokus, sehingga mudah berkonsentrasi,

  1. membantu menghancurkan sel-sel kanker. 

Lantunan Qur’an membantu menyeimbangkan sel-sel sehat dalam tubuh, untuk melawan sel-sel kanker atau yang tidak baik untuk tubuh. 

Membaca Qur’an selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, juga menjadikan diri semakin dekat dengan Allah SWT. Dengan membaca Quran, maka manfaat-maanfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya, bisa Anda miliki termasuk sifat Quran sebagai media relaksasi.

Membaca al Qur’an adalah hal yang bisa mendatangkan kemuliaan dan kebaikan, seperti yang dijelaskan pada surah berikut ini:

{الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata,

قال قتادة رحمه الله: كان مُطَرف، رحمه الله، إذا قرأ هذه الآية يقول: هذه آية القراء

“Qatadah (wafat: 118 H) rahimahullah berkata, “Mutharrif bin Abdullah (Tabi’in, wafat 95H) jika membaca ayat ini beliau berkata: “Ini adalah ayat orang-orang yang suka membaca Al Quran” (Lihat kitab Tafsir Al Quran Al Azhim).

Asy Syaukani (w: 1281H) rahimahullah berkata,

أي: يستمرّون على تلاوته ، ويداومونها

“Maksudnya adalah terus menerus membacanya dan menjadi kebiasaannya”(Lihat kitab Tafsir Fath Al Qadir).

Salah satu ibadah paling agung, yaitu membaca al Qur’an. Dengan mengetahui beragam manfaat saat membaca al Qur’an, semoga lebih menjadikan kita hamba yang tidak pernah meninggalkan al Qur’an, dan akan terus selalu mempelajari dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup.