Memotivasi Diri dengan Kutipan Nabi dan Al-Quran Agar Hidup Lebih Semangat dan Bahagia

19 Jan 2019

Nabi Besar Muhammad SAW adalah junjungan bagi kita semua umat islam. Banyak sekali ayat-ayat yang mengandung motivasi islami yang bisa kita gunakan sebagai penyemangat dan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari di dunia ini. Tidak hanya hadist Nabi Muhammad SAW, Anda juga bisa menggunakan Al-Quran sebagai Pedoman dan sekaligus inspirasi utama kamu.

Nah, berikut ini adalah beberapa kutipan ayat dan sabda Nabi Muhammad SAW yang dikutip dari berbagai hadist serta kutipan ayat-ayat Al-Quran sebagai bahan renungan. Semoga Anda bisa mendapatkan semangat dan inspirasi serta memahami makna yang terkandung di dalamnya.

1. Ayat tentang Amal Baik

“Amal yang paling dicintai Allah SWT adalah yang terus menerus meski hanya sedikit”.

Motivasi Islam di atas bisa Anda lakukan setiap hari secara terus menerus. Dalam beribadah kepada Allah, walaupun dilakukan sedikit tapi jika berkali-kali dan terus-menerus makan itu lebih dicintai Allah SWT.

 

2. Jangan anggap remeh amalan yang kecil

“Janganlah Kamu sekali-kali menganggap remeh kebaikan meski kelihatannya tidak berharga, seperti ketika kamu menyambut temanmu dengan menampakkan wajah berseri-seri”.

Kutipan diatas mungkin sudah sering kita dengarkan pada kajian-kajian Islam untuk melakukan perbuatan baik walau itu sepele. Misalnya seperti memberikan senyupan kepada tetangga dan tamu yang akan berkunjung kerumah kita.

 

3. Bersyukurlah, maka ditambah

“Ketika Anda melihat seseorang yang telah diberikan kelebihan kekayaan dan keindahan melebihi Anda, lihatlah orang-orang yang masih mampu bersyukur meski dalam kekurangan”

Kutipan hadist muslim di atas mampu memotivasi diri agar lebih mensyukuri apa yang sudah menjadi milik kita. Namun sebenarnya banyak orang-orang yang dalam keterbatasannya mereka masih sempat untuk bersyukur dan tetap berusaha semaksimal mungkin.

Nah itulah 3 motivasi dan inspirasi yang bisa membuat Anda lebih semangat menjalani hidup dan beribadah kepada Allah SWT.