Memulai Amalan, Mulai dengan Niat

19 Oct 2020
Sumber foto: www.unsplash.com

Banyak hal yang dapat Anda lakukan sebagai seorang muslim yang betakwa untuk mendapatkan rahmat dan ridha dari Allah SWT. Amalan-amalan yang dapat Anda pilih beragam, mulai dari yang ringan hingga cukup berat. Namun, sebelum mengerjakan semua amalan-amalan tersebut, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu, jangan lupa niat.

Niat sangat penting bagi seorang muslim sebelum melaksanakan perintah-perintah Allah, agar amalan yang dikerjakan mendapatkan pahala dan menjadi tidak sia-sia. Berikut merupakan beberapa alasan mengapa niat begitu penting dalam islam.

1. Merupakan Ruh sebuah Amalan

Sebuah amalan tanpa adanya niat diawal maka amalan tersebut akan menjadi sia-sia. Tidak adanya ruh yang merupakan makna terhadap amalan yang akan dilakukan.

2. Syarat Diterimanya Sebuah Amalan

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya setiap amal itu tergantung niat, dan setiap orang mendapat balasan amal sesuai dengan niatnya…” (HR. Bukhari-Muslim)

Setiap amalan tentu memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum dilaksanan, dan niat akan selalu menjadi salah satu syarat utama sebelum melaksanakan sebuah amalan. Sebagai contoh amalan puasan Sunnah.

3. Dapat Mengubah sesuatu yang Mubah menjadi Ibadah

Kegiatan-kegiatan yang diawali dengan niat walaupun bukan termasuk amalan wajib maupun Sunnah dapat berubah menjadi pahala bila diniatkan untuk sesuatu yang baik. Seperti contohnya, berjalan-jalan melihat pemandangan alam.

4. Mendatangkan Pahala

Sebuah amalan yang dimulai dengan niat, maka sebelum Anda mendapaktan pahala atas amalan tersebut maka Anda sudah mendapatkan pahala dari Allah SWT atas niat yang Anda ucapkan.

5. Menentukan Kualitas sebuah Ibadah

Ibadah yang dilakukan dengan diawali oleh niat yang benar maka ibadah tersebut dapat menjadi ibadah berkualitas. Karena sebuah niat dapat dianalogikan sebagai sebuah kemudi yang mengarahkan apakah sebuah ibadah akan menjadi hal yang bermanfaat dan mendatangkan ridha Allah SWT atau tidak.