Memuliakan Alquran dengan Sepenuh Hati

16 Oct 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Surat Al-‘Alaq merupakan surat pertama yang turun dalam Al-Quran. Surat Al-‘Alaq ayat pertama berbunyi iqra atau bacalah. Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk membaca terutama Al-Quran yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW.

Memuliakan Al-Quran dapat dimulai dengan rajin membacanya. Jika Anda belum bisa membaca Al-Quran maka berusahalah agar dapat membacanya. Jika sudah bisa membaca Al-Quran maka bacalah secara pelan(tartil), khusyu’, dan tenang. Jangan terburu-buru ketika membaca Al-Quran.

Setelah dapat membaca Al-Quran, Anda dapat memuliakan Al-Quran dengan cara mendengarkan bacaan Al-Quran. Seperti yang tercantum pada QS Al A’raf ayat 24, “Dan apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.”

Hal tersebut merupakan hal yang disenangi oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau menggemari mendengarkan bacaan Al-Quran. Seperti saat beliau meminta Ibnu Mas’ud untuk membaca Al-Quran. Hingga pada QS An-Nisa ayat 21, beliau mengatakan cukup kepada Ibnu Mas’ud hingga Ibnu Mas’ud dapat melihat bahwa Rasulullah SAW sudah meneteskan air mata karena mendengar ayat-ayat yang dia baca.

Setelah dapat membaca Al-Quran maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk memuliakan Al-Quran adalah dengan mempelajari isi dari Al-Quran. Mempelajari isi Al-Quran bukan lagi hanya sekadar membaca serta mendengarkan, namun juga mengetahui apa yang dimaksudkan oleh Allah SWT didalam Al-Quran.

Mempelajari Al-Quran membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sehingga seringkali orang-orang merasa tidak perlu untuk mempelajari isi dari Al-Quran. Tentu hal iu tidak sesuai dengan keinginan untuk memuliakan Al-Quran.

Mentadabur dan Menjadikan Al-Quran sebagai jalan hidup merupakan tingkatan selanjutnya dari bagaimana Anda dapat memuliakan Al-Quran. Mentadaburi memiliki arti dari menghayati isi daripada Al-Quran. Dengan menghayati isi dari Al-Quran diharapkan Anda dapat menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup. Hal tersebut karena Al-Quran merupakan petunjuk hidup manusia yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW.