Mengajarkan Anak Berpuasa Dengan Cara Kreatif

01 Oct 2021

Meskipun belum diwajibkan berpuasa, penting untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini loh. Anak-anak biasanya akan bersemangat saat diajak untuk berpuasa bersama, namun sulit untuk bertahan selama 1 bulan full. Berikut tips mengajarkan anak berpuasa dengan cara kreatif:

  1. Awali dengan puasa jajan

Cara mengajarkan anak berpuasa bisa dimulai dengan puasa makanan tertentu, misalnya snack ringan, permen, dll. Nantinya pelan-pelan kurangi pilihan makanan tersebut, sampai anak bisa mencoba puasa secara penuh.

  1. Puasa setengah hari

Bagi anak-anak berpuasa dalam waktu penuh bukanlah hal mudah, agar tidak kaget, ajari anak untuk berpuasa setengah hari. Orang tua bisa mengajak anak untuk mulai berpuasa selepas waktu sahur hingga jam makan siang. Agar nutrisinya tercukupi, jangan lupa hidangkan makanan bergizi seimbang.

  1. Pemahaman tentang puasa dan berbagai tradisi unik

Sembari mengajarkan anak berpuasa, orang tua di rumah juga perlu menjelaskan atau menceritakan kepada anak-anak tentang manfaat puasa, kebaikan di bulan Ramadhan, dan hal lainnya agar anak paham mengapa ia harus berpuasa. Tidak hanya itu, kenalkan anak-anak pada hal-hal unik yang ada di bulan Ramadhan, agar anak semangat menjalani ibadah puasa.

  1. Hidangkan makanan favorit saat berbuka

Sebagai bentuk apresiasi karena anak sudah mau belajar berpuasa, tidak ada salahnya bunda melibatkan si kecil untuk menentukan menu favorit yang akan dihidangkan saat buka puasa loh. Pelibatan si kecil ini bertujuan agar anak-anak selalu bersemangat menjalani puasa hari-hari berikutnya.

  1. Isi waktu ngabuburit dengan kegiatan menyenangkan

Untuk mengajarkan anak berpuasa, maka alihkan perhatiannya dari minum dan makan, dengan cara membuat berbagai aktivitas menyenangkan. Misalnya dengan bermain atau membaca al quran sembari menunggu waktu berbuka.

  1. Menjadi teladan yang baik

Agar anak-anak semangat berpuasa, maka orang tua juga harus turut mendampingi dengan cara juga ikut berpuasa. Jangan sampai memarahi anak untuk berpuasa, tapi orang tua di rumah justru tidak berpuasa. Hal tersebut dapat membuat anak kehilangan teladan dan motivasi yang baik dari orang tua loh.

  1. Hadiah spesial hari lebaran

Anak-anak akan sangat gembira saat diberikan sebuah hadiah atas sebuah pencapaiannya. Oleh karenanya, tidak ada salahnya memberikan iming-iming hadiah kepada anak jika ia berhasil menjalankan puasa 1 bulan penuh. Dengan begitu, anak akan bersemangat menjalankan ibadah puasa, karena memiliki motivasi.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak berpuasa atau mulai belajar puasa. Setiap orang tua mempunyai versi masing-masing untuk mengajak dan mengajarkan anaknya berpuasa. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing, misal tidak terbiasa menjanjikan memberikan hadiah, maka juga jangan dilakukan. Cukup beri motivasi dan pemahaman tentang kebaikan puasa, maka anak-anakpun niscaya perlahan juga akan mengerti dan mau belajar untuk berpuasa. Pada dasarnya dunia anak adalah dunia bermain, maka untuk mengalihkan perhatiannya dari makan dan minum, maka ajak anak untuk bermain suatu permainan ringan sembari menunggu waktu berbuka. Dengan begitu, anak-anak tidak akan terlalu merasa lapar dan haus saat berpuasa. Dan yang terpenting, berikan anak-anak makanan yang bergizi seimbang, agar nutrisinya terpenuhi meskipun berpuasa. Kemudian jangan lupa, kenalkan anak pada kebaikan dan amalan bulan Ramadhan, meskipun ia belum bisa melaksanakan, tidak ada salahnya untuk mulai mengenalkan kepada anak. Agar lambat laun anak bisa belajar untuk mengamalkannya.

 

sumber foto popmama