Mengenal Arti dan Pentingnya Keluarga Sakinah dalam Islam

12 Apr 2023

Mempunyai keluarga sakinah dalam Islam menjadi satu dambaan tersendiri untuk suami istri. Karena, keluarga sakinah mampu mewujudkan kebahagiaan dalam mengarungi kehidupan. 

Dalam buku dengan judul Pernikahan Sakinah Mencegah Perceraian karya Dr. Hj. Riadi, arti Sakinah sendiri berasal dari kata Sakana berarti diam bisa juga tenang sesudah terguncang serta sibuk. Sementara itu, menurut ahli bahasa, Al-Jurjani, sakinah merupakan ketentraman hati ketika datang hal yang tak terduga.

Jika merujuk dua pengertian tersebut, maka keluarga sakinah berarti keluarga yang tentram, tenang, bahagia, serta sejahtera secara lahir maupun batin. Bahkan, tidak gentar saat berhadapan dengan ujian rumah tangga.

Tips Menciptakan Keluarga Sakinah dalam Islam

Penting sekali untuk memiliki keluarga yang harmonis, tentram serta bahagia lahir batin. Oleh karena itu, wajib menciptakan hal tersebut dengan cara Islami. Untuk Anda yang mendambakan keluarga sakinah dan belum mengetahui tipsnya, maka berikut adalah strategi untuk dilakukan, yaitu:

· Memberi contoh perilaku dan akhlak terpuji. Hal ini penting untuk orang tua berikan kepada anak-anaknya. Karena, akhlak menjadi dasar penting dan contoh bagi keluarga lain.

· Tanamkan aqidah sejak dini, supaya taat menjalankan syariat agama.

· Menanamkan kesadaran, kewajiban, juga hak untuk suami istri. Tujuannya agar pasangan mampu menjalankan kewajiban serta tugas dengan adil dan baik.

· Tanamkan pola hidup sederhana serta hemat. salah satu contohnya adalah dengan memakai uang sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

· Ciptakan keharmonisan hubungan suami dan istri, supaya selalu rukun dan tetap mesra.

Ciri Keluarga Sakinah

Dalam menciptakan keluarga sakinah dalam Islam, maka terdapat beberapa kriteria atau ciri yang wajib diperhatikan, antara lain:

· Memegang prinsip pernikahan

· Mempunyai niat membina keluarga yang baik

· Menjalankan kewajiban dan hak dengan baik

· Menjadikan keluarga sebagai tempat yang nyaman, harmonis, juga tentram.

· Senantiasa mengingatkan dalam beribadah.

Tujuan Adanya Keluarga Sakinah dalam Islam

Masing-masing pasangan suami dan istri, tentu perlu memiliki prinsip di dalam keluarganya. prinsip tersebut dapat mewujudkan keutuhan rumah tangga, salah satunya yakni saling setia serta membahagiakan. 

Tujuan dalam membangun rumah tangga tersebut yakni bagaimana cara membina keluarga damai serta harmonis tanpa keterpaksaan. Bahkan, hal ini dapat dicontoh cara Rasulullah SAW senantiasa membangun keluarga harmonis. Baginda Rasul juga selalu memberikan contoh terpuji untuk anggota keluarganya. 

Dalam mewujudkan keluarga sakinah dalam Islam diperlukan komitmen, ikhtiar, konsistensi, serta kesinambungan suami istri. 

Selain itu, terdapat tujuan lain yakni masing-masing anggota keluarga bisa merasa damai, tentram, bahagia juga sejahtera secara lahir batin. Dalam hal ini, sejahtera terbebas dari kondisi kemiskinan harta maupun tekanan secara jasmani. Sedangkan, kesejahteraan batin adalah terbebas adanya kemiskinan iman, dapat mengimplementasikan norma kehidupan keluarga juga masyarakat.

Syarat Keluarga Sakinah

Dalam buku Mencapai Keluarga Sakinah karya Murwani Yekti Prihati SAg MSI, terdapat beberapa syarat yang wajib dipenuhi agar terwujud keluarga sakinah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

· Di dalam keluarga terdapat rahmah serta mawaddah

· Awali pernikahan dengan cara Islami

· Adanya hubungan suami istri berdasarkan rasa saling membutuhkan

· Rasulullah SAW bersabda mengenai 4 faktor sebagai sumber kebahagiaan dalam rumah tangga, yakni suami istri setia, saleh serta salehah, anak yang berbakti, juga lingkungan sosial sehat.

Mengenal keluarga sakinah dalam Islam penting untuk kita semua pahami agar tercapai rumah tangga impian. Jadi, mari terus tingkatkan iman serta kedekatan kita terhadap Allah SWT.