Mengikuti Tuntunan Rasulullah Dalam Menempuh Kehidupan sehari-hari

01 Mar 2019

Sebagai umat Islam, Nabi Muhammad SAW adalah Rasulullah yang wajib diteladani. Prilaku dan sifat beliau disuru untuk ditiru, diikuti dan dijadikan pedoman hidup. Firman allah SWT yang berbunyi:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut allah ”. (QS. Al-Ahzab Ayat 21)

Ayat diatas telah jelas menyatakan bahwa kehidupan Rasulullah harus dijadikan teladan dan contoh untuk di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Sifat dan prilaku baik Rasulullah banyak sekali yang patut kita contoh, yaitu berkata jujur, kerja keras, terus belajar, teliti, tidak gegabah dan tentunya masih banyak lagi sifat baik nabi yang perlu kita contoh. Salah satu sifatnya adalah merencanakan masa depan yaitu merencanakan bagaimana menghadari, dan merencanakan sesuatu yang akan dikerjakan di hari esok dan masa depan.

Jika Anda mengamati kehiduoan Rasulullah, maka Anda akan menemukan fakta dan contoh yang menunjukkan bahwa Rasulullah senantiasa selalu merencanakan kegiatan dan masa depannya dengan baik dan sungguh-sungguh. Merencanakan masa depan adalah salah satu teladan dari Rasulullah harus kita maknai dengan artian yang luas, dan tidak hanya soal ibadah dan selamat di akhirat, tetapi mencakup seluruh aspek kehidupan.

Sebagai orang tua misalnya, kita wajib menata dan merencanakan masa depan anak kita agar mereka menjadi penerus dan generasi yang baik, kuat dan mulia. Agar nantinya anak yang ditempah dengan benar, maka saat dewasa mereka akan memiliki mental yang kuat serta tidak mudah putus asa. Itulah kenapa perencanaan masa depan sangatlah penting dalam ajaran Islam.