Menjadi Muslim Terpercaya, Dimulai Dari Lisan

19 Oct 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai sosok yang dapat dipercaya, dapat dilihat dari gelar yang disematkan kepadanya yaitu, Al Amin atau seseorang yang sangat terpercaya.

Sebagai muslim yang beriman tentu saja sifat terpecaya yang dimiliki oleh Rasulullah SAW merupakan hal yang patut dicontoh. Untuk mencontoh sifat terpercaya yang dimiliki oleh Rasulullah, sebagai umatnya dapat dumulai dengan menjaga lisan Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk menjaga lisan.

1. Jangan berbohong

Jangan pernah berbohong dalam hal apapun, sekecil dan sesederhana apapun, bahkan betapa pun terhadap anak kecil. Menjadi seorang yang berbohong akan selalu butuh kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Kehidupan menjadi pendusta tidak akan pernah bahagia dan terhormat.

2. Jangan Mendramatisir

Ucapkan sesuatu dengan sebenar-benarnya, jangan pernah menambahkan sesuatu kepada sebuah berita sehingga membuat kejadian yang diberitakan terasa berlebihan. Merekayasa suatu berita juga hal yang tidak perlu dilakukan jika ingin menjadi seseorang yang terpercaya. Runtuhnya kepercayaan seseorang dapat berawal dari terkuaknya kebohongan yang Anda lakukan.

3. Diam, Bila Tak Tahu

Jangan pernah menjadi seorang yang sok tahu. Bila Anda tidak berilmu maka diamlah. Tidak perlu memberikan informasi yang tidak Anda pahami. Biarkan orang lain yang memiliki kemampuan dan kapabilitas untuk menyampaikan informasi tersebut.

4. Jaga Rahasia yang Dititipkan

Jangan membocorkan rahasia ataupun aib yang sudah berusaha ditutupi oleh seseorang. Menjaga kepercayaan mereka terhadap Anda merupakan hal yang harus selalu dipegang. Membocorkan suatu rahasia merupakan perbuatan yang jauh dari sifat terpercaya.

5. Tepati Janji

Jika sudah berjanji maka tepatilah, karena hal tersebut merupakan ciri-ciri orang yang dapat dipercaya. Jangan pernah mengingkari sebuah janji, sehingga janganlah dengan mudah untuk mengobral janji. Melihat kapasitas diri terhadap janji yang akan dibuat merupakan langkah untuk mencegah Anda untuk mengobral janji yang belum tentu dapat Anda tepati.