Olahraga Yang Dianjurkan Dalam Islam

19 Feb 2020
source: pixabay.com

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah salah satu dari kenikmatan yang didambakan semua orang. Selain menjaga pola makan, olahraga merupakan kegiatan positif yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Olahraga membuat badan terasa lebih ringan, pikiran menjadi lebih jernih, dan kesehatan semakin baik. 

Islam melarang kita untuk bermalas-malasan, karena malas merupakan sarang penyakit. Jika kita tidak banyak bergerak dan beraktivitas, maka metabolisme tubuh akan terganggu. Dari sini, penyakit-penyakit akan mudah bersarang dalam tubuh.

Jika Anda memiliki suatu riwayat penyakit yang tidak memperbolehkan Anda beraktivitas berat, maka Anda bisa melakukan olahraga ringan sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda tidak berolahraga, maka penyakit Anda akan meluas karena tubuh Anda akan lemas dan tidak bertenaga. Dalam Islam, ada beberapa jenis olahraga yang disunnahkan untuk dilakukan, karena memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh, diantaranya adalah:

  1. Lari

Lari merupakan jenis olahraga ringan. Lari santai di pagi hari merupakan olahraga yang ringan dan murah karena tidak memerlukan biaya untuk menyewa alat olahraga. Selain membakar lemak dalam tubuh, lari juga bisa menjadikan otot semakin kencang.

Diceritakan dari Aisyah RA: "Rasulullah SAW mendahuluiku, kemudian aku mendahului beliau, begitulah seterusnya. Hingga saat badanku sudah gemuk, kami pernah berlomba dan beliau yang memenangkan lomba itu. Kata beliau, "Kemenangan kali ini merupakan balasan atas kekalahan yang lalu." (HR. Ahmad dan Abu Daud).

  1. Berenang

Saat Anda berenang, maka seluruh otot dan tubuh Anda akan bergerak. Hal ini menjadikan renang sebagai salah satu olahraga terbaik yang bisa Anda lakukan. Selain menghilangkan penat dan menjernihkan pikiran, renang juga merupakan salah satu olahraga yang disunnahkan dalam Islam. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah " (HR. Dailami). Walaupun banyak yang menilai bahwa hadist ini lemah, tetapi tetap saja renang memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, dan merupakan olahraga yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

  1. Memanah

Memanah akan membantu membuat kita lebih fokus. Ketika kita membidik sasaran, maka yang dibutuhkan adalah konsentrasi dan fokus. Dengan memanah, kita secara langsung melatih diri menjadi fokus, lebih berkonsentrasi, dan lebih rileks. Ketika kita sering melakukan olahraga memanah, kita akan lebih rileks apabila dihadapkan oleh banyak tekanan dan menyelesaikannya dengan tenang. KIta akan mudah rileks karena sudah terbiasa mengatur tubuh dan pernapasan agar tetap stabil.

Memanah merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal tersebut lebih baik daripada berkuda,” (HR. Ahmad - 16699).

Olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Penyakit akan enggan bersarang di tubuh yang sehat dan bugar. Kesehatan merupakan salah satu hal berharga dalam hidup yang harus dijaga dengan baik. Selain ketiga olahraga tersebut, masih ada olahraga sunnah lainnya yang perlu Anda coba seperti berkuda. Berkuda juga merupakan olahraga yang dianjurkan dalam islam. Anjuran berkuda, dimuat dalam sebuah hadist “Sesungguhnya Rasulullah pernah mengadakan pacuan kuda dan memberi hadiah kepada pemenangnya.” (HR. Muslim).

Dalam riwayat Ibnu Majah: “Setiap hal yang melalaikan seorang Muslim hukumnya bathil kecuali memanah dengan busur, melatih kuda, dan bercanda dengan istri.”