Pahala Menutup Aib Orang Lain

01 Jan 2020
source: islamkafah.com

Menutupi aib atau kesalahan orang lain ternyata memiliki pahala tersendiri untuknya. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pernyataan pada saat ceramah seperti: "Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak”

Hal ini sangat sering dijadikan sebuah ceramah atau kutipan untuk menjadi pengingat dan sekaligus peringatan bahwa membongkar aib saudara sendiri adalah hal yang salah dan Allah SWT tidak sukai. Itulah kenapa menutupi aib saudara sendiri bisa membuat Anda ditutupi aibnya oleh Allah Swt. Menutupi aib ini juga sudah di abadikan dalam hadist yang memiliki arti:

“Barangsiapa yang meringankan (menghilangkan) kesulitan seorang muslim kesulitan-kesulitan duniawi, maka Allah akan meringankan (menghilangkan) baginya kesulitan di akhirat kelak. Barangsiapa yang memberikan kemudahan bagi orang yang mengalami kesulitan di dunia, maka Allah akan memudahkan baginya kemudahan (urusan) di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim sewaktu di dunia, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan senantiasa menolong seorang hamba selalu ia menolong saudaranya.” [HR. Tirmidzi]

Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak.” [Shahih Muslim]

Beberapa hadis di atas menjelaskan tentang pentingnya menjaga aib saudara atau orang lain yang Anda kenal, karena Allah akan menjaga aib Anda seperti Anda menjaga aibnya. Semoga informasi ini bisa menambah keimanan dan ilmu yang Anda miliki.