Pengertian Bulan Ramadhan dan Keutamaannya

08 Apr 2019

Bulan yang penuh dengan berkah telah tiba. Bulan suci Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam di dunia seluruh dunia serentak melakukan ibadah wajib puasa. Karena puasa adalah salah satu rukun islam yang wajib dilakukan, dan jika ada orang Islam yang tidak berpuasa maka wajib dipertanyakan keislamannya. 

Ibadah puasa adalah ibadah yang langsung kepada Allah Ta’ala dengan menahan diri dari berbagai godaan makanan dan minuman maupun godaan mata dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa juga menjadi ibadah yang pas untuk membersihkan jiwa dari segala perbuatan dan perkataan yang tercela yang akan membuat hati lebih bersih dan sehat.

Apakah semua umat Islam wajib berpuasa di Bulan Ramadhan?

Pertanyaan ini sangat sering di dipertanyakan di berbagai media maupun pengajian, jawaban untuk pertanyaan ini adalah Tidak. Karena ibadah puasa hanya diwajibkan untuk mereka yang beragama islam, telah baligh, sehat fisik maupun akal (tidak sakit dan gila), tidak dalam perjalanan, wanita yang tidak haid. Nah untuk Anda yang termasuk dalam kategori tersebut maka Anda wajib melakukan kewajiban berpuasa Ramadhan.

Keutamaan di Bulan Ramadhan

1. Al-Quran pertama kali diturunkan dan diwahyukan kepada Nabi Muhammad pada Bulan Ramadhan sebagai petunjuk dan tuntunan seluruh umat manusia.

2. Bulan Ramadhan dibukakan pintu surga selebar-lebarnya dan ditutup pintu neraka serta setan-setan dibelenggu.

3. Allah melipat gandakan seluruh amalan-amalan baik yang dilakukan hanya kepada Allah SWT pada Bulan Ramadhan ini ratusan kali lipat.

4. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dibukakan  pintu taubat selebar-lebarnya bagi orang-orang yang bersungguh-sungguh bertaubat kepada Allah Ta’ala.

5. Di dalam bulan Ramadah juga terdapat malam yang begitu baik dari seribu bulan atau sama dengan 83 tahun beribadah, nama malam ini adalah malam Lailatul Qadr.

Nah sebenarnya ada banyak namun kita rangkum tentang keutamaan dan pengertian bulan suci Ramadhan ini. Yuk semangat beribadah di bulan yang suci dan diberkahi oleh Allah ini. Semoga bermanfaat.