Ramadhan Adalah Bulan Pembakaran Dosa

30 May 2019

Bulan Ramadhan telah tiba, bulan yang penuh berkah dan safaat Allah Ta’ala. Diantar makna-makna tentang bulan suci Ramadhan yaitu berarti bulan peleburan atau terbakarnua dosa-dosa. Di bulan suci Ramadhan semua dosa-dosa orang yang melakukan puasa wajib selama sebulan penuh hanya untuk Allah semata, maka akan dihapuskan atau dibakar habis yang telah berlalu. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Al-Qurtubi:

“Bulan Ramadhan disebut dengan ‘Ramadhan’ karena ia membakar dosa-dosa dengan amal shalih” Tafsir al-Qurtubi 2/291.

Maka bisa disimpulkan bahwa bulan puasa Ramadhan ini memiliki keistimewaan dan kekususan sendiri. Karena jika kita berpuasa di bulan Ramadhan ini, disertai dengan iman dan mencari pahala, maka dosa-dosa akan dibakar habis. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni”

Pembakaran dosa-dosa itu akan Allah lipat gandakan tatkala seseorang mengerjakan qiyamullail dengan penuh iman dan hanya Allah semata, seperti yang telah Rasulullah riwayatkan yang artinya:

“Barangsiapa shalat malam di bulan Ramadhan karena keimanan dan mencari pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang lalu” 

disamping dileburnya dosa-dosa di bulan suci karena berbpuasa, menghidupkan malam dengan mengaji dan qiamullail dengan usahanya sangat mungkin seseorang untuk memperluas pembakaran dosa-dosanya, sehingga seluruh dosa-dosa baik itu yang kecil hingga besar akan diampuni oleh Allah Ta’ala. Inilah kenapa Allah memilih bulan Ramadhan sebagai bulan yang diberkahi istimewa dari bulan-bulan lainnya, jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan bertaubat dan meminta ampunan. Semoga bermanfaat.