Sarung Tenun Lokal Buatan Indonesia kini Makin Mendunia

13 Oct 2020

Bagi orang yang tumbuh di lingkungan muslim, sarung adalah salah satu busana pelengkap penting untuk kegiatan beribadah. Bahkan di beberapa kalangan masyarakat, fungsi sarung tidak hanya digunakan untuk kegiatan beribadah, tetapi digunakan untuk acara adat, bersantai, bahkan kegiatan sakral dalam pernikahan.

Sarung memang memiliki keistimewaan bagi masyarakat Indonesia. Terlebih untuk kategori sarung tenun yang memiliki kemewahan dan keunikannya tersendiri karena dinilai dari beberapa komponen seperti mutu bahan, pola, kaya motif, tata warna, serta komponen lainnya.

Salah satunya adalah sarung tenun buatan tangan perajin dalam negeri yang telah terkenal yaitu Sarung BHS. Sejak 1953 silam, sarung BHS telah berpengalaman sebagai produk sarung premium.

Bahkan kualitas sarung lokal ini pun telah diakui tak hanya di pasar nasional, tetapi juga sampai pasar internasional. Produk Sarung BHS ini memiliki beberapa kelas yang akan membedakannya di antara lain ada Masterpiece, Signature, Royal, Excellent dan Classic.

Dari kelima kelas ini, terbagi lagi dalam proses teknik pembuatannya. Ada yang menggunakan teknik tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) dan ada yang ditenun dengan perpaduan seni dan teknologi modern. Adapun Sarung BHS yang ditenun tangan (ATBM) adalah Sarung BHS kelas Masterpiece, Signature, dan Royal.

Dari kelima kelas ini, terbagi lagi dalam proses teknik pembuatannya. Ada yang menggunakan teknik tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) dan ada yang ditenun dengan perpaduan seni dan teknologi modern. Adapun Sarung BHS yang ditenun tangan (ATBM) adalah Sarung BHS kelas Masterpiece, Signature, dan Royal.

Motif sarung dihasilkan dari kombinasi bahan Premium Cotton Mercerized, serta tumpal letter BHS mendatar dengan benang songketan.

Ini menghasilkan motif yang unik dan membentuk pola berulang dalam sebuah sarung.

Yang membuat kelas Masterpiece berbeda dari Signature yaitu dari motifnya yang eksklusif dan terbatas. Salah satu contoh motifnya adalah Songket Gunung Agung. Untuk motif Masterpiece yang tidak kalah menarik lainnya adalah Songket Ikat Fantasi, Songket Gunung Exclusive dan Songket Gunung Fantasi.

Untuk kelas Siganture sendiri memiliki motif Songket Ikat Nusantara dan Songket Gunung Crepe. Sedangkan, untuk kelas Royal memiliki motif Songket Gunung, Songket Eksklusif, Ikat Timbul Gambiran dan motif lainnya. Motif-motif ini tentunya terlihat elegan, eksklusif dengan warna-warna yang solid dan istimewa.

“Beberapa kelas produk Sarung BHS ini menentukan perbedaan harga hingga tingkat kerumitan motifnya. Waktu produksinya antara satu hingga dua bulan tergantung tingkat kerumitan motifnya. Semakin rumit motifnya, tentu membutuhkan waktu yang relatif yang lebih lama dan butuh keterampilan khusus. Namun, desain motif yang rumit mempunyai daya tarik seninya tersendiri dan menambah nilai dari sarung tersebut,” jelas Haikal Bahasuan, Direktur Marketing PT Behaestex.

Saat ini yang sarung cukup dikenal sebagai karya seni dan perpaduan mesin teknologi modern adalah Sarung BHS kelas Excellent dan Classic. Komposisi untuk kelas Excellent menggunakan bahan Cotton Mercerized Blend dan tumpal letter BHS vertikal dengan benang kembangan.

Kelas ini hadir dengan berbagai motif di antaranya motif Crepe Songket Ikat, Kawung, Songket dan motif lainnya.  Sedangkan untuk kelas Classic komposisi bahannya menggunakan Viscose Blend, dan tumpal letter BHS vertical dengan benang kembangan. Di kelas ini juga hadir berbagai motif di antaranya Songket Crepe Gerimis, Kawung Dobby, Songket, Jacquard Songket dan motif lainnya.

Bagaimana untuk perawatan sarung premium ini? Beda kelas tentu beda pula perawatannya. Namun, perawatan Sarung BHS ini tergolong mudah. Cukup mencuci dengan proses dry clean dijamin tidak akan merusak kualitas bahan sarung.

Sarung BHS telah dilengkapi dengan nomor barcode yang fungsinya untuk membuktikan kualitas keaslian sarung BHS. Untuk proses pengecekan kualitas keasliannya sendiri, bisa dicek nomor barcode melalui email [email protected] atau [email protected]. Kini Sarung BHS bisa didapatkan di berbagai marketplace Indonesia, mulai dari Shopee, Tokopedia, Blibi.com, Lazada, Bukalapak, dan Sarung Indonesia

Artikel ini telah tayang di JPNN.com

https://www.jpnn.com/news/sarung-tenun-lokal-buatan-indonesia-kini-makin-mendunia?