Sejarah Islam Di Indonesia Yang Jarang Diketahui Oleh Umat Islam

20 Aug 2021

Sejarah Islam di Indonesia merupakan salah satu hal yang jarang sekali terekspos oleh media. Padahal Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi umat muslim terbesar di Indonesia. Bahkan sampai saat ini diperkirakan sudah 207 juta umat muslim yang berada di Indonesia. 

Hal ini wajar diantara beberapa agama lainnya di Indonesia, sekitar 90% sudah diisi oleh umat muslim. Sedangkan 10% akan diisi oleh beberapa agama lain seperti Kristen, Protestan, Hindu dan beragam agama lainnya. Berikut ini ada sejarah islam yang bisa anda ketahui:

Penyebaran Islam

Menurut Thomas Walker Arnold, penyebaran islam dimulai sejak abad ke-2 sebelum masehi. Saat itu ada orang-orang Ceylon yang mulai berdagang. Lalu pada abad ke-7, sejarah islam di Indonesia dimulai dengan orang Ceylon yang mulai mengalami kemajuan secara pesat. 

Hal ini tentang perdagangan dengan orang China lalu pada pertengahan abad ke-8, orang arab memasuki Kanton. Selain itu, ada banyak teori yang mengungkapkan tentang kedatangan islam di Indonesia. 

Pertama, ada teori gujarat. Pada teori ini, islam dipercayai datang dari wilayah India tepatnya di Gujarat melalui peran para pedagang India muslim pada abad ke-13 M. Kedua, teori Makkah. Pada teori kedua, Islam dipercaya masuk ke Indonesia kaarena kedatangan jasa para pedagang Arab. 

3 Teori Islam Di Indonesia

Ketiga, ada teori Persia. Di teori ketiga ini mengungkapkan sejarah islam di Indonesia bermula ketika para pedagang asal Persia datang ke Gujarat. Sebelum ke nusantara sekitar abad ke-14 Masehi. Lalu berpendapat tentang fakta-fakta ini yang berdasarkan dari hikayat Melayu, Aceh hinga Jawa. 

Lalu, ada Marco Polo yang menyatakan kalau dampak interaksi orang Periak di Sumatera Utara karena telah mengenal Islam. Hal ini pun dinyatakan langsung oleh Van Leur dan Schrieke yang mengatakan kalau penyebaran islam terbantu karena beragam faktor-faktor politik. 

Pandangan Tentang Islam

Sejarah islam di Indonesia juga memiliki pandangan lain dari AH Johns dan SQ Fatimi yang mengatakan penyebaran islam berdasarkan pada imam-imam sufi. Lalu di Pulau Sulawesi, Islam mulai melakukan penyebaran dari hubungan kerjaan setempat. 

Didampingi dengan para ulama dari Mekkah hingga Madinah yang akan singgah di Hadramaut. Bahkan Kesultanan Ternate juga turun memiliki peran penting dalam melakukan penyebaran di Pulau Sulawesi bagian tengah dan utara. 

Salah satu bukti sejarah Islam di Indonesia yaitu berada di Kesultanan Gorontalo yang tergolong sebagai salah satu kerjaan islam yang paling berpengaruh saat itu. Bukan hanya itu saja, ulama besar juga mulai pindah ke wilayah jazirah utara dan tengah Sulwaesi. 

Kehadiran ulama ini tentu dapat mempercepat penyebaran agama islam di Indonesia. Disusul oleh Kesultanan Tidore yang mulai menguasai daerah Papua pada abad ke-17. Kemudian penyebaran islam juga mulai meluas ke Kabupaten Fakfak, Papua Barat. 

Sejarah islam di Indonesia ini juga mengatakan kalau islam masuk di Indonesia tepat pada tahun 625 M pada sebuah naskah tiongkok. Hal itu ditemukan secara langsung oleh kelompok bangsa Arab yang sudah bertempat tinggal di Pantai Barat Sumatra. 

Ternyata sejarah Islam di daerah Indonesia memang cukup meluas di berbagai daerah. Tak heran semakin banyak saja orang yang mulai menganut agama Islam. Kehadiran agama Islam tentu memiliki peran yang besar bagi kehidupan bangsa dan negara.