Tahun Baru Dan Semangat Baru Menurut Al-Quran

18 Jan 2019

Tahun 2018 kini telah berlalu, dan saatnya kita menyambut tahun 2019 dengan semangat baru. Sebagian besar orang menyambut pergantian tahun dengan bersuka ria, namun apa sebenarnya yang membuat mereka sedemikian gembiranya? Namun banyak orang yang lalai dan lupa kalau dengan bertambahnya tahun maka bumi juga akan semakin tua dan umur kita semakin dekat dengan kematian. Kita akan semakin hari semakin dekat dengan ajal, dan bumi akan semakin dekat dengan hari kiamar. Yaitu dimana alam akan dibolak balikan layaknya kapas yang berterbangan dan segala isinya akan dimusnakan.

Di dalam Al-Quran banyak ayat dan informasi yang menceritakan tentang kejadian Hari Kiamat. Kita sebagai umat Islam wajib mengimani datangnya Hari Kiamat. Dan pendekatan dalam memahami isi dalam Al-Quran dan tidak ada kekeliruan sedikitpun di dalamnya. Inilah beberapa ayat yang menunjukkan adanya Hari kiamat :

QS. Al-Mumin : 59

Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman”

QS. Thaahaa : 15

“Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan agar supaya setiap diri dibalas dengan apa yang telah dia usahakan ”

QS. Al-Hijr : 85

“Dan tidaklah kami ciptakan langit dan bumi san apa yang ada di antaranya keduanya, melainkan dengan benar, dan sesungguhnya hari kiamat itu pasti akan datang”

Dan masih banyak lagi ayat-ayat dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang hari kiamat, ini akan menjadi pengingat dan sekaligus penyemangat untuk lebih giat beribadah dan beramal sholeh.

Tahun baru mungkin untuk sebagian orang menjadi sebuah perubahan, dan pastinya yang diharap-harapkan adalah perubahan ke yang lebih baik. Kehidupan memang perlu yang namanya perubahan, butuh inovasi agar hidup tidak terasa hampa. Itulah sebabnya manusia merayakannya dengan suka cita dan penuh semangat.

Di tahun 2019 ini marilah kita belajar dari kegagalan yang telah diperbuat pada masa lalu dan mengubahnya menjadi semangat baru di tahun baru ini. Tahun baru berarti memiliki cara pandangan yang baru dan suci dalam upaya memperoleh suatu yang baru. Semoga bisa menjadi pengingat dan menjadi semangat di tahun yang baru.