Tata Cara Sholat Tahajud dan Berbagai Manfaat Sholat Tahajud

29 Mar 2023

Tata Cara Sholat Tahajud dan Berbagai Manfaat Sholat Tahajud

 

Solat tahajud adalah sholat sunnahyang dilakukan tengah malam, dan lebih utama dilakukan pada sepertinya malam, tak sekadar mendapatkan pahala, tapi ada banyak sekali manfaat sholat tahajud yang perlu Anda ketahui. Mungkin dengan mengetahui berapa manfaatnya, maka Anda dapat bisa terdorong untuk mendirikan sholat tahajud atau bisa lebih giat dalam melaksanakan sholat tahajud ini. 

Lantas apa saja manfaat dari sholat sunnah yang satu ini? Untuk mengetahuinya, maka Anda dapat menyimak ulasan berikut ini. Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini mengenai manfaat dari sholat malam tahajud.

Sebelum Mengetahui Manfaat Sholat Tahajud, Ketahui dulu Tata Caranya 

Waktu melaksanakan solat ini diutamakan saat sepertiga malam, yaitu sekitar pukul 03.00 dini hari. Solat tahajud biasnya dilakukan dua rakaat, sama seperti sholat subuh. 

Ya, tata caranya pun sama seperti sholat subuh yang sering Anda lakukan. Tanpa ada bacaan qunut, sebagai umat Islam memang ada yang melaksanakan solat subuh dengan bacaan qunut. Untuk sholat tahajud ini tidak perlu melakukan doa qunut. 

Untuk niat sholat tahajud bisa dengan membaca bacaan niat 'Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla' setelah itu diikuti dengan membaca Al-fatihah, kemudian surat pendek. Dilanjutkan dengan gerakan selanjutnya sampai salam.

Setelah selesai sholat, bisa lakukan dzikir terlebih dahulu, kemudian bisa berdoa meminta ampun dan pertolongan Allah SWT agar dimudahkan dalam segala urusan dunia dan akhirat. 

Manfaat Sholat Tahajud yang Perlu Diketahui 

Memang sholat tahajud bisa dikatakan cukup sulit dilaksanakan, sebab waktu pelaksanaannya yang dilakukan saat sepertiga malam dimana itu merupakan waktu istirahat, dan sebagainya besar orang sedang tertidur pulas. 

Tapi sunnah satu ini adalah salah satu sunnah yang hampir tidak pernah dilewatkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Hurairah, mengatakan bahwa saat Rasulullah SAW ditanya sholat mana yang paling utama selain sholat lima waktu, maka Rasulullah SAW menjawab Sholat Tahajud. 

Dengan demikian, tentunya tak ada salahnya mulai rajin melaksanakan sholat tahajud, sebab ada juga bermanfaat manfaat sholat tahajud untuk para pendirinya. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaatnya. 

  1. Tahajud akan menjadi salah satu amalan baik yang kelak akan membantu atau meringankan Anda akhirat saat mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang sudah dilakukan di dunia

  2. Sholat Tahajud dapat membuat Anda lebih mendekatkan diri kepada Allah, sebab dengan bangunya Anda pada saat sepertiga malam, maka akan mencerminkan sifat rendah hati, ramah dan ketenangan jiwa akan didapatkan

  3. Manfaat lainnya dari sholat sunnah tahajud ini adalah sebagai jalan masuk surga yang kekal dan penghapusan dosa-dosa Anda 

  4. Berdoa saat sepertiga malam merupakan waktu yang doanya akan diijabah oleh Allah SWT, dengan begitu doa Anda akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT selama Melaksanakan sholat tahajud. 

  5. Sholat tahajud juga memiliki manfaat untuk kesehatan, dengan sholat tahajud maka Anda akan dijauhkan dengan segala penyakit.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang cukup sulit untuk membiasakan diri bangun pada pukul 03.00 dini hari. Tapi tidak mustahil untuk mulai membiasakan diri bagun pukul 03.00 dini hari untuk melaksanakan sholat sunnah ini. 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa bangun pukul 03.00, seperti dengan membiasakan diri tidur sebelum pukul 10.00 malam, biasakan diri makan sebelum pukul 08.00 malam, minum segelas air putih sebelum tidur, dan buat diri senyaman mungkin agar kualitas tidur lebih bagus dan bisa bangun pukul 03.00. 

Semoga dengan tips tersebut Anda dapat melakukan sholat tahajud agar mendapatkan segala manfaat sholat tahajud, dan yang terpenting semoga ibadah sunnah sholat tahajud diterima oleh Allah SWT.