Tips Jitu Mengajak Anak Untuk Sholat Subuh

07 Oct 2021

Memiliki anak yang rajin beribadah merupakan dambaan semua orang tua, tapi orang tua tidak cukup hanya berdoa dan berharap saja, tapi harus mengajak anak untuk sholat subuh sejak dini. Tidak hanya sholat subuh, tapi orang tua juga harus melatihnya sejak dini untuk melaksanakan sholat fardhu lainnya. Diantara 5 waktu sholat, subuh menjadi waktu yang paling sulit untuk anak melaksanakannya, dikarenakan mengantuk atau masih tertidur. Berikut tips mengajak anak untuk sholat subuh:

  1. Pastikan anak tidur cukup

Riset menunjukkan, bahwa jam tidur malam anak adalah 7-8 jam. Oleh karena itu, persiapkan dan pastikan anak sudah tidur sebelum jam 9 malam dan bangunkan antara jam 4-5 pagi untuk sholat subuh. Pastikan anak dalam keadaan sudah bersih, tempat tidur bersih dan nyaman, sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan remang-remang atau sekalian lampu padam. Hal ini untuk membantu anak mendapatkan kualitas tidur yang baik, agar orang tua mudah untuk membangunkannya saat waktu sholat subuh. Lebih lanjut, mengajak anak untuk sholat subuh, maka biasakan untuk melakukan sunnah nabi, sebagai berikut:

  • Berwudhu sebelum tidur

  • Membersihkan tempat tidur sambal mengucap taawudz

  • Berniat sholat subuh dan mandi sebelum sholat subuh

  • Ajarkan anak untuk membaca doa sebelum tidur

  1. Perhatikan asupan gizi anak

Ahli kesehatan menyatakan bahwa makanan dengan kadar gula tinggi, dapat memberikan energi instan yang memaksa untuk dikeluarkan. Sehingga saat anak-anak mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi, ia akan kesulitan mengontrol dirinya. Hal ini akan membuat anak dilema, anak sudah mengantuk tapi tubuhnya memaksa ia mengeluarkan energi. Oleh karena itu, 3 jam sebelum tidur jangan berikan anak makanan yang berkarbohidrat dan manis, agar tubuh anak tidak bekerja ekstra. Untuk gantinya, maka berikan makanan berprotein tinggi, seperti ayam, daging, atau ikan. Itulah cara jitu kedua mengajak anak untuk sholat subuh.

  1. Biasakan anak mandi sebelum subuh

Cara ketiga mengajak anak untuk sholat subuh yaitu membiasakan mandi sebelum sholat subuh. Saat bangun tidur, tubuh akan cenderung berminyak dan berkeringat, oleh karenanya penting untuk membiasakan mandi sebelum sholat subuh. Tujuannya agar badan kembali segar, mata menjadi terbuka dan otak siap bekerja. Pakar kesehatanmu juga menyatakan bahwa manfaat mandi sebelum sholat subuh sangat banyak loh. Jadi, biasakan anak-anak untuk selalu mandi sebelum sholat subuh ya.

  1. Berikan hadiah

Pada masa awal-awal pembiasan, pasti berat bagi anak untuk bangun menunaikan sholat subuh. Untuk melewati masa-masa itu, maka berikan iming-iming anak sebuah hadiah, agar anak bersemangat. Memberikan iming-iming hadiah surga nampaknya masih jauh dari nalar seorang anak, oleh karenanya berikan ia iming-iming hadiah yang mereka senangi.

  1. Afirmasi sebelum tidur

Cara terakhir mengajak anak untuk sholat subuh yaitu memberikan afirmasi kepada anak tentang keutamaan sholat subuh melalui kisah teladan dalam islam. Setelah selesai, ajak anak untuk membaca doa sebelum tidur dan berniat sholat subuh keesokan harinya.

Itulah car acara mengajak anak untuk sholat subuh, memang orang tua harus bekerja keras melatih dan membiasakan anak untuk melaksanakan sholat fardhu. Agar saat anak sudah dewasa, ia sudah terbiasa melakukan perintah Allah SWT untuk menunaikan ibadah sholat. Orang tua juga harus selalu sabar untuk memberikan pemahaman dan pembiasaan sholat. Yang paling terpenting yaitu orang tua harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya.



sumber foto kabar tegal