Urutan Doa Sholat 5 Waktu dan Penjelasannya

06 Sep 2021

Ketika Anda menjalankan sholat lima waktu tentunya agar mendapatkan pahala yang berlipat ganda anda wajib melafalkan bacaan doa sholat 5 waktu secara khusuk. Tentunya dengan melafalkan secara benar anda ketika beribadah diharuskan benar-benar berkonsentrasi. Doa sholat wajib dibaca secara khatam dan dilarang terpenggal – penggal , hal ini dimaksudkan agar sholat anda bisa diterima oleh Allah SWT.  Berikut ini

Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram dilakukan setelah anda membaca niat dengan benar. Cara melaksanakan takbiratul ihram tentunya dengan mengangkat dua tangan anda dimana dalam keadaan sejajar pada telinga dengan mengucapkan, “Allaahu akbar".

Doa Iftitah

Setelah anda mengucapkan takbir pertama, kemudian lipat tangan anda pada dada, tepatnya sejajar dengan hati hati. Bacaan doa iftitah yang bisa anda gunakan:

“Allaahu akbar kabiirow wal hamdu lillaahi katsiiroo wasubhaanalloohi bukrotaw wa-ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardlo haniifaa wamaa ana minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wamahyaa wa mamaatii lillaahi robbil ‘aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana awwalul muslimiin”.

Doa Al-Fatihah

Pada seluruh rakaat yang terkait dengan doa sholat 5 waktu, Anda diwajibkan melafalkan Q.S Al-Fatihah. Dengan anda melafalkan Q.S. Al-Fatihah dengan benar di setiap rakaat sholat ini merupakan suatu rukun sholat.

Melafalkan surat - surat pendek

Tata cara sholat wajib 5 waktu berikutnya adalah melafalkan surat - surat pendek yang termasuk rangkaian dari bacaan doa sholat 5 waktu. Surat pendek ini menjadi bacaan di saat dua rakaat pertama. tentunya berbeda dengan Q.S Al-Fatihah, sunnah adalah hukum membaca surat - surat pendek.

Rukuk serta itidal

Setelah menyelesaikan bacaan Q.S Al-Fatihah dengan surat – surat pendek, kemudian rukuk. Ketika anda  rukuk, doa - doa yang anda ucapkan yaitu:

“Subhaana rabbiyal adziimi wa bihamdih” (bacaan sebanyak 3 kali).

Kemudian setelah menjalankan rukuk, anda bisa membaca:

“Sami’alloohu liman hamidah“.

Bacaan ini diucapkan ketika mengangkat kedua tangan anda sejajar dengan telinga dengan berdiri tegap menghadap kiblat. Setelah menjalankan tata cara sholat tersebut kemudian anda bisa membaca itidal. dengan doa i'tidal seperti berikut ini:

“Rabbana lakal hamdu milus samawati wa mil ulardi wa mil umasyita min syaiin badu“.

Sujud serta duduk diantara 2 sujud

Sujud merupakan posisi dengan meletakkan ke dua telapak tangan serta menempelkannya ke dahi dan hidung ketika sejadah. Bacaan doa sujud yang bisa anda lafalkan yakni:

“Subhaana robbiyal ‘a’la wabihamdih“ (dibaca 3 kali).

Rukun sholat berikutnya dengan duduk di antara ke 2 sujud. Bacaan doa ketika anda duduk diantara 2 sujud yakni:

“Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii“.

Tasyahud Awal

Tasyahud awal bisa anda jalankan pada saat menjelang rakaat kedua waktu sholat dzuhur, ashar, magrib dan juga isya. inidia bacaan doa tasyahud awal yang bisa anda bacakan , yakni:

“Attahiyyatul mubarakaatus salawatut tayyibatu lillah. Assalamu alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh. Assalamu alaina wa ala ibadillahis salihin. Asyhadu alla ilaha illallah. Wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah. Allahumma salli ala sayyidina Muhammad“.

Tasyahud Akhir

Rukun sholat yang terakhir pada tata cara sholat yang baik dan benar yaitu tasyahud akhir. Rukun sholat tersebut dilaksanakan sebelum pengucapan salam di rakaat terakhir. Bacaan doa tasyahud akhir yang bisa anda bacakan, yakni:

“At-tahiyyaatu al-mubaarakaatu al-shalawaatu al-thoyyibaatu lillahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wa barakaatuhu. As-Salaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahi as-shoolihin. Asyhadu an laa ilaaha illa Allah wa Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. Allahumma Sholli ‘ala Sayyidinaa Muhammad. Wa ‘ala aali sayyidina Muhammad Kamaa shollayta ‘ala sayyidina Ibrahim. Wa Baarik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala aali sayyidina Muhammad. Kamaa baarakta ‘ala sayyidinaa Ibrahim, wa ‘ala sayyidina Ibrahim, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid.”.

Salam

Salam merupakan gerakan pamungkas atau terakhir setelah anda menjalankan sholat yang disertai “Assalamu ‘alaikum warahmatullah” yakni dengan menoleh ke arah kanan, dengan melafalkan kalimat salam kemudian dilanjutkan dengan menoleh ke arah kiri.

Jadi itulah tata cara dalam menjalankan sholat 5 waktu lengkap dengan doa sholat 5 waktu yang bisa anda tunaikan,  jangan lupa sholat!